LARANGAN-LARANGAN BAGI WANITA KETIKA MENJALANI MASA BERKABUNG

image

🌂💦🌂💦🌂💦🌂💦🌂
〰〰〰〰〰〰〰〰
❌💧 LARANGAN-LARANGAN BAGI WANITA KETIKA MENJALANI MASA BERKABUNG ❌💧
〰〰〰〰〰〰〰〰

💺📚 ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN SHOLIH AL-‘UTSAIMIN رحمه الله

❓ السّؤال (٥٢):

💅💄 ما هى اﻷشياء المحظورة على المرأة زمن الحداد مع ذكر الدليل؟

❓PERTANYAAN 5⃣2⃣

💄💅 Perkara apa sajakah yang terlarang bagi wanita ketika menjalani masa berkabung (ihdad), beserta dalilnya?

            –💧🏥💧–

🍃 الجواب ( ٥٢):

❌💧 المحظورة على المرأة زمن الحداد:

1⃣👣 أوﻻ: أﻻ تخرج من بيتها إﻻ لحجة، مثل أن تكون مريضة تحتاج لمراجعة المستشفى وتراجعه بالنهار، أو ضرورة مثل أن تكون بيتها آيلا للسقوط فتخش أن يسقط عليها، أو تشتعل فيه نار أو ما أشبه ذلك….قال أهل العلم: و تخرج في النهار للحاجة و أما  في الليل فلا تخرج إﻻ للضرورة

🍃 JAWABAN 5⃣2⃣

❌💧 Perkara terlarang bagi wanita selama menjalani masa berkabung adalah:

1⃣👣 Yang pertama, wanita tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali jika ada kebutuhan yang mendesak. Misalnya, jika dia menderita sakit yang mengharuskannya untuk merujuknya ke rumah sakit, sedangkan hal itu harus dilakukan pada siang hari. Ataupun disebabkan darurat, misalnya; jika rumahnya hampir roboh dan dia takut kalau-kalau rumahnya tertimpa atau rumahnya terbakar, atau yang semisalnya. Para ulama menyatakan, “Diperbolehkan bagi wanita yang sedang menjalani masa berkabung untuk keluar dari rumahnya pada siang hari. Adapun pada malam hari maka dia tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali karena kondisi darurat yang sangat mendesak.

2⃣🍶 ثانيا: الطيب، ﻹن النبي عليه الصّلاة والسّلام نهى المحادة أن تتطيب إﻻ إذا ظهارت، فإنها تأخذ نبذة من  أظفار [نوع من الطيب] تتطيب به بعد الحيض ليزول عنها أثر الحيض. [[ لحديث أم عطية، قالت:

❎💦( كنا ننهى أن نحد على ميت فوق ثلاث، إﻻ على زوج أربعة أشهر …..وقد رخص لنا عند الطهر إذا اغتسلت إحدانا من محيضها في نبذة من كست أظفار).

📖 رواه البخاري، كتاب الطﻻق (٥٣٤١)، و مسلم، كتاب الطﻻق (٩٣٨ م).

2⃣🍶 Yang kedua: memakai wewangian. Karena Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam melarang wanita yang sedang menjalani masa berkabung dari memakai wewangian. Kecuali bagi wanita yang telah suci dari haidnya, maka disunnahkan baginya untuk memakai sedikit dari adzfar (salah satu jenis dari minyak wangi) yang dia gunakan untuk  membersihkan bekas darah haidnya setelah berlalu masa haidnya. [Berdasarkan hadits Ummu ‘Athiyyah, dia mengatakan:

❎💦 كنا ننهى أن نحد على ميت فوق ثلاث إﻻ على زوج أربعت أشهر وعشرا ………. وقد رخص لنا عند الطهر إذا اغتسلت إحدانا من محيضها في نبذة من كست أظفار

❎💦 “Kami dahulu dilarang berkabung (ihdad) atas meninggalnya seseorang di atas tiga hari, kecuali atas meninggalnya suami, maka masa ihdad bagi istri selama empat bulan sepuluh hari …….kami telah diberi rukhshah (keringanan) dalam hal memakai sedikit wewangian ketika suci, ketika salah seorang dari kami telah mandi dari haidnya.”

📖 [HR. AL-BUKHORI, Kitabut Tholaq (5341) dan Muslim, Kitabut Tholaq (3938)].

3⃣👘 ثالثا: أﻻ تلبس ثيابا جميلة تعتبر تزينا؛ النبي عليه الصّلاة والسّلام  نهى عن ذلك في حديث أم  عطية المذكور : (( وﻻ نلبس ثوبا مصبوغا إﻻ ثوب عصب)). وإنما تلبس ثيابا عادية كااثيا التي تلبسهاط  في بيتها بدون أن تتجمل.

3⃣ 👘Yang ketiga, tidak boleh mengenakan pakaian yang indah untuk berhias, karena Nabi telah melarang dari hal itu [pada hadits Ummu Athiyah yang disebutkan di atas:

❎👚 وﻻ نلبس ثوبا مصبوغا ثوب عصب

❎👚[“Dan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna kecuali pakaian ‘ashab [sejenis  pakaian dari yaman].

🎽👗Hanya saja boleh baginya untuk mengenakan pakaian yang biasa dia gunakan di dalam rumah tanpa tujuan berhias.

4⃣✒ رابعا: أﻻ تكتحل، ﻷن النبي عليه الصّلاة و السّلام نهى عن ذلك، [[ لحدبث أم عطية المذكور، وفيه: نكتحل]]. فإن اطرت إلى هذا فإنها تكتحل بما ﻻ يظهر لونه ليلا وتمسحه بالنهار.

4⃣ ✒Yang ke empat, tidak boleh bercelak, karena Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam melarang darinya [Berdasarkan hadits Ummu Atiyah di atas. Di dalamnya disebutkan:

🎨 وﻻ نكتحل

🎨 “Dan untuk tidak bercelak” Akan tetapi bila memang terpaksa menggunakannya, maka boleh baginya bercelak pada malam hari dengan warna yang tidak nampak, kemudian dia bersihkan pada siang harinya.

5⃣💍 خامسا: أﻻ تتحلى، أي ﻻ تلبس حليا؛ ﻷنه إذا نهي عن الثياب الجميلة فالحلي أولى بالنهي.ويجوز لها أن تكلم الرجال، وأن تتكلم بالهاتف، وأن تأذن لمن يدخل بالبيت ممن يمكن دخوله، وأن تخرج إلى السطح -سطح البيت – في الليل وفي النهار.
وﻻ يلزمها أن تغتسل كل جمعة كما يظنه بعض العامة، وﻻ أن تنقض شعرها كل أسبوع.
وكذلك أيضا ﻻ يلزمها بل ﻻ يشرع لها إذا انتهت العدة أن تخرج معها بشيء تتصدق به على أول من يلاقيها فإن هذا من البدع.

5⃣💍 Yang kelima, tidak boleh memakai perhiasan. Tidak boleh memakai perhiasan, karena mengenakan pakaian yang indah saja terlarang, apalagi mengenakan perhiasan, tentu lebih utama untuk dilarang. Dan boleh baginya untuk berbicara langsung dengan laki-laki (secara langsung) maupun melalui telepon. Dan baginya mengizinkan seseorang untuk masuk ke dalam rumahnya, yaitu bagi orang-orang yang dimungkinkan masuk ke dalamnya. Dan boleh juga baginya untuk keluar menuju teras rumahnya pada malam hari atau siang hari.

❌🚿 Akan tetapi tidak diharuskan atasnya untuk mandi setiap hari jumat sebagaimana disangka oleh kebanyakan orang, tidak pula mengurai pilinan rambutnya setiap pekan.

🚫💰Demikian pula tidak diharuskan bahkan disyariatkan baginya apabila telah selesai masa ‘iddahnya untuk keluar membawa sesuatu untuk disedekahkan kepada orang yang pertama kali dia jumpai, karena yang seperti ini merupakan kebid’ahan.
               –💧🏥💧–

📚 SUMBER:
📁 سبعون سؤالا في أحكام الجنائز || طـ مدار الوطن ١٤٣٢ ه.

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

===================
🌎 WhatsApp Riyadhul Jannah

💦❌💦❌💦❌💦❌💦

Tulisan ini dipublikasikan di Tidak Dikategorikan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar