AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

image

“AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR”

✨💺 قال الشيخ محمد بن صالح العثيمين – رحمه الله – :

✨✊ الأمر بالمعروف والنهي عن
المنكر له شروط”

1⃣ الشرط الأول : أن يكون عالماً بحكم الشرع فيما يأمر به أو ينهي عنه ، فلا يأمر إلا بما علم أن الشرع أمر به ، ولا ينهي إلا عما علم أن الشرع نهي عنه ، ولا يعتمد في ذلك على ذوق ، ولا عادة .

2⃣ الشرط الثاني : أن يعلم بحال المأمور:
👈 هل هو ممن يوجَه إليه الأمر أو النهي أم لا ؟ فلو رأى شخصاً يشك هل هو مكلف أم لا : لم يأمره بما لا يؤمر به مثله حتى يستفصل .

3⃣ الشرط الثالث : أن يكون عالماً بحال المأمور حال تكليفه ، هل قام بالفعل أم لا؟
←🏡 فلو رأى شخصاً دخل المسجد ثم جلس ، وشك هل صلي ركعتين : فلا يُنكر عليه ، ولا يأمره بهما ، حتي يستفصل .

4⃣ الشرط الرابع : أن يكون قادراً على القيام بالأمر بالمعروف والنهي عن المنكر بلا ضرر يلحقه ، فإن لحقه ضرر : لم يجب عليه ، لكن إن صبر وقام به : فهو أفضل ؛ لأن جميع الواجبات مشروطة بالقدرة والاستطاعة ؛ لقوله تعالى : ( فاتقوا الله ما استطعتم ) التغابن/16 ، وقوله : ( لا يكلف الله نفساً إلا وسعها ) البقرة/286 .

5⃣ الشرط الخامس : أن لا يترتب على الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر مفسدة أعظم من السكوت ، فإن ترتب عليها ذلك : فإنه لا يلزمه ، بل لا يجوز له أن يأمر بالمعروف أو ينهي عن المنكر .

📚 ” مجموع فتاوى الشيخ العثيمين ”
( 8 / 652 – 654 ) مختصراً .

***

✨💺 Berkata Syaikh Muhammad bin Sholeh al-‘Utsaimin rohimahulloh:

✨✊ Amar ma’ruf – Nahi munkar memiliki beberapa persyaratan:

1⃣ Syarat pertama: haruslah mengetahui hukum syar’i tentang apa yang dia perintahkan dari perkara yang ma’ruf atau yang dilarang darinya, maka tidaklah dia memerintah kecuali dengan apa yang telah dia ketahui bahwa syari’at telah memerintahkan dengannya, dan tidaklah dia melarang kecuali dari apa yang telah dia ketahui bahwa syari’at telah melarang darinya, dan tidak menyandarkan dalam perkara tersebut di atas perasaan, dan tidak pula adat (kebiasaan).

2⃣ Syarat kedua: hendaknya dia mengetahui keadaan yang diperintah:
👉 Apakah dia termasuk dari orang-orang yang dapat diarahkan kepada apa yang diperintahkan atau dilarang atau tidak? Jika dia melihat seseorang yang diragukan apakah dia mukallaf (terbebani syari’at) atau tidak: maka tidak memerintahnya dengan sesuatu yang tidak diperintah dengannya semisal dia hingga dipastikan.

3⃣ Syarat ketiga: haruslah mengetahui keadaan yang diperintah ketika dibebankan kepadanya syari’at, apakah dia telah mengerjakannya atau belum?
→ 🏡 Sehingga jika melihat seseorang masuk ke dalam masjid kemudian duduk, dan ragu apakah dia telah menunaikan sholat 2 roka’at: maka tidak boleh diingkari atasnya, dan tidak memerintahnya dengan sholat 2 roka’at, hingga dipastikan.

4⃣ Syarat keempat: haruslah dia orang yang mampu untuk menegakkan amar ma’ruf – nahi munkar tanpa adanya kerusakan (bahaya) yang menyertainya, dan jika ada kerusakan (bahaya) yang menyertainya: maka tidak wajib atasnya (amar ma’ruf – nahi munkar, pent), akan tetapi jika bersabar dan bisa menegakkan (amar ma’ruf – nahi munkar): maka lebih utama (afdhol); karena semua kewajiban-kewajiban dipersyaratkan adanya kesanggupan dan kemampuan; berdasarkan firman Alloh Ta’ala:

🔹 (فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمَْ) [سورة التغابن : 16]

” Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu”. [Qs. At-Taghobun: 16]

Dan firman-Nya:

🔅 (لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ ) [سورة البقرة : 286]

” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” [Qs. Al-Baqarah: 286]

5⃣ Syarat kelima: tidak boleh menimbulkan atas amar ma’ruf – nahi munkarnya kerusakan yang lebih besar dari diamnya, dan jika menimbulkan atasnya yang demikian: maka hal itu tidaklah diwajibkan baginya, bahkan tidak boleh baginya untuk memerintahkan perkara yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran.

📚 Majmu’ Fatawa Syaikh al-‘Utsaimin (8/652-654) secara ringkas.

*** 📂 Faedah dari Al-Ustadz Ahmad Khodim di WA Miratsul Anbiya Indonesia

✏__Alih Bahasa:
Muhammad Sholehuddin Abu ‘Abduh

✰ ~ Al-‘Ilmu | العلم 🌠

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s