SUNNAH-SUNNAH HARI JUM’AT

image

—————–
🔅📌

🔹 SUNNAH-SUNNAH HARI JUM’AT

 asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah

———————-

🔐 Pertanyaan : Mohon Anda menyebutkan kepada kami sunnah-sunnah yang semestinya dikerjakan oleh seorang muslim pada hari Jum’at? Apa hukum membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at?

 
📎 Jawab :
 Membaca Surat al-Kahfi hukumnya sunnah. Karena padanya terdapat pahala yang besar, sebagaimana telah diriwayatkan secara pasti dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

✅ Adapun sunnah-sunnah yang semestinya dikerjakan pada hari Jum’at adalah :

📌 Mandi Jum’at. Hukumnya WAJIB. Apabila seseorang meninggalkannya tanpa udzur maka dia berdosa. Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Mandi Jum’at itu wajib atas setiap orang yang sudah (mengalami) ihtilam.” Yakni atas setiap muslim yang sudah baligh.

🔅Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Apabila Jum’at telah datang kepada kalian, maka mandilah.”

🔸Tatkala ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu masuk masjid, sementara Amirul Mukminin ‘Umar bin al-Khaththab sedang berkhutbah. Maka beliau mencelanya karena keterlambatannya. Maka ‘Utsman menjawab,

“Wahai Amirul Mukminin, aku tidak lebih hanya berwudhu’ saja, kemudian aku datang ke masjid.” Maka ‘Umar berkata, “Wudhu’ juga!!” – yakni:  kamu hanya berwudhu’ saja – padahal Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apabila Jum’at telah datang kepada kalian, maka mandilah.”

📁Maka lihatlah, bagaimana Amirul Mukminin ‘Umar bin al-Khaththab mencela ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, padahal kedudukannya juga mulia dalam Islam. Kita semua juga tahu, bahwa beliau adalah Khalifah ke-3 dalam Islam. Namun demikian, ‘Umar mencelanya tatkala hanya berwudhu’ saja (pada hari Jum’at).

 Mandi itu wajib, namun shalat Jum’at tetap sah tanpa mandi. Karena kewajibannya tidak terkait karena hadats seperti Mandi Janabah.

🚦Mandi Jum’at itu wajib, berdosa jika ditinggalkan. Kecuali karena udzur,

🔸 misalnya karena dingin yang sangat, sementara tidak ada alat yang bisa menghangatkan air.

🔸 atau karena dia sakit, berbahaya jika kena air.

🔸 atau yang semisal dengan itu.

Di antara sunnah hari Jum’at

📌 Siwak
Bersiwak di sini bukan bersiwak sepertinya biasanya, namun bersiwak yang sifatnya khusus. Yaitu lebih banyak lagi dalam membersihkan gigi dan lebih banyak dalam menggosoknya.

Di antara sunnah hari Jum’at

📌 Minyak Wangi
Seorang memakai minyak wangi pada kepalanya, jenggotnya, dan pakaiannya.

 
Di antara sunnah hari Jum’at
📌 Datang ke masjid lebih awal

Besegera datang sejak matahari terbit. Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan dorongan untuk itu. Beliau bersabda,

”Barangsiapa mandi – yakni pada hari Jum’at – kemudian berangkat pada waktu pertama, maka dia seperti berkurban seekor onta. Barangsiapa yang berangkat pada waktu kedua, maka dia seperti berkurban seekor sapi. Barangsiapa yang berangkat pada waktu ketiga, maka dia seperti berkurban seekor kambing bertanduk. Barangsiapa yang berangkat pada waktu keempat, maka dia seperti berkurban seekor ayam. Barangsiapa yang berangkat pada waktu kelima, maka dia seperti berkurban sebutir telur.”

 
🔅Maka sepantasnya bagi seorang muslim untuk memanfaat kesempatan ini.

Ini kesempatan besar dalam umur.
Apa gunanya, kamu tetap berada di rumah atau di pasar menghabiskan waktu di sana, sementara kamu melewatkan pahala besar ini?

Berangkatlah ke masjid, maka kamu memperoleh pahala kurban ini : onta, sapi, kambing bertanduk, ayam, dan telor, setelah kamu mandi sebelumnya.

Kemudian, apabila kamu pergi ke masjid, kamu pun akan memperoleh kebaikan yang sangat banyak :

💠 kamu menyibukkan diri dengan shalat atau membaca al-Qur`an

💠 kalau kamu bosan dari shalat, kamu bisa membaca al-Qur’an

💠 kalau kamu bosan membaca, kamu bisa shalat

💠 tidak mengapa kamu berbicara dengan saudaramu (yang ada di sampingmu) dengan suatu pembicaraan yang bermanfaat. Seperti membahas tentang ilmu atau semisalnya.

Namun banyak orang yang terhalangi (dari kebaikan ini)!! Syaithan menguasai banyak orang – semoga Allah menjaga saya dan anda darinya –

 kamu dapati dia berada di rumahnya tanpa ada kesibukan. Kamu lihat dia berada di rumah, menghabiskan waktu, menunggu datangnya waktu shalat.

Ini bentuk terhalangi yang sangat besar.

 
Demikian juga di antara sunnah pada hari Jum’at

📌 hendaknya mengenakan baju terbaik yang ia punya, baik baju baru atau sudah lama. Karena itu termasuk sunnah.

📌 berupaya perhatian dengan doa ketika imam hari Jum’at telah masuk, dengan doa yang ia inginkan. Terlebih ditengah-tengah shalat.

Karena pada hari Jum’at itu ada satu waktu, yang tidak seorang muslim berdoa bertepatan dengan waktu tersebut memohon kepada Allah dalam keadaan dia shalat, kecuali Allah berikan kepadanya permintaannya.

Di antara sunnah para hari Jum’at
📌 memperbanyak shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Perbanyak dan teruslah bershalawat. Jangan bosan dan jangan capek. Teruslah bershawalat, dengan mengucapkan : Allahum shalli ‘ala Muhammad, Allahum shalli ‘ala Muhammad,

 dalam kondisi kamu berjalan,

 duduk

 sudah berada di masjid

🏡 ketika masih di rumah

 ketika masih di pasar

Sungguh ini merupakan kebaikan yang sangat banyak.

📚Ibnul Qayyim rahimahullah dalam “Zadul Ma’ad” telah menyebutkan banyak. Silakan merujuk padanya, supaya lebih sempurna.

 
📗 Silsilah Liqa al-Bab al-Maftuh 105

—————————-

 

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s